Tuesday, November 22, 2016

teori Kari Marie Martinsen Philosophiof caring




TINJAUAN TEORI


2.1  Tujuan Teori
Teori filosofikal, ilmiah dasar dan aplikasi praktis yang dikembangkan oleh Kari Marie Martinsen berfokus pada telaah di sisi moral keperawatan, dan etika keperawatan serta caring. Pandangan dunia fenomenologis berbasis Martinsen adalah manusia tidak dapat dipahami atau dipertimbangkan dalam isolasi dari lingkungannya. Manusia dan lingkungan merupakan suatu perangkat yang menyebabkan setiap situasi tergantung konteks dan bersifat unik.
Caring yang berhubungan atau menekankan rasa empati, refleksi, keterbukaan dan kemurahan hati dan kepercayaan. Pada pelaksanaan asuhan keperawatan di masyarakat saling terkait satu sama lainnya, karena pelayanan yang diberikan haruslah bersifat komprehensif dan berkesinambungan karena kebutuhan tiap individu berbeda satu sama lainnya, maka perawat haruslah bersikap sesuai dengan kebutuhan pasien saat itu (Alligood, M. R., & Tomey, A. M, 2010).

2.2. Konsep Dasar Terkait Paradigma Dalam Keperawatan dan Definisinya (Alligood, M. R., & Tomey, A. M, 2010).
1. Keperawatan
Asumsi dasar philosophical caring termasuk dalam hal praktik keperawatan dimana perawat memberikan asuhan keperawatan merawat dan peduli pada orang lain. Hal yang harus diperhatikan ketika melakukan caring ke pasien yaitu : caring berkaitan dengan hubungan, praktik, dan moral. Caring dapat praktikkan dalam kasus nyata dimana caring melibatkan setidaknya dua orang atau lebih yang saling berinteraksi. Caring yang berkaitan dengan moral dapat diartikan sebagai situasi dalam mencapai tujuan yang diinginkan didasarkan pada evaluasi tindakan keperawatan.
2. Manusia
Menurut Martinsen (1975), manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungan sosial dan komunitasnya. Martinsen berpendapat bahwa terdapat hubungan yang paralel antara manusia dengan tubuhnya. Sebagai tubuh, manusia berhubungan dengan diri sendiri, orang lain, dan dunia, sedangkan manusia adalah tubuh itu sendiri dimana sebagai tubuh, manusia mempunyai persepsi dan pemahaman. Tubuh terdiri dari jasmani dan jiwa.
3. Kesehatan
Sehat adalah refleksi dari kondisi organisme, selain itu juga merupakan ekspresi tingkat kompetensi dalam pengobatan. Dampak yang membahayakan dari pengobatan dan pelayanan yang tidak adekuat bagi orang yang menderita penyakit kronis menyebabkan Martinsen kembali berpikir ke konsep konservatif yaitu sehat secara ideal.
4. Lingkungan
Manusia selalu berada dalam situasi yang berbeda dari satu tempat ke tempat yang lain dan dalam ruang yang satu ke ruang yang lain (berada dalam tempat dan ruang khusus). Dilihat dari dimensi ruang terdapat waktu, ambience, dan kekuatan. Martinsen menyatakan bahwa waktu, arsitektur, dan pengetahuan dapat bekerja terhadap ambience suatu dimensi ruang. Arsitektur, hubungan dengan orang lain, penggunaan obyek, kata-kata, pengetahuan, keberadaan kita di dalam ruangan, semuanya tersusun teratur dalam ruang dan situasi. Manusia masuk dalam ruang universal, ruang alami, tetapi melalui penciptaan ruang budaya. Kita membangun rumah dengan ruangan-ruangan dan aktivitas pelayanan kesehatan menempati ruangan yang berbeda.

2.3 Proposisi (Junaidi , 2011).
1. Perawatan
2. Penilaian Profesional
3. Praktik Moral Ditemukan Dalam Perawatan
4. Person Oriented Professional
5. Ungkapan Hidup Tertinggi
6. Area Yang Tak Dapat Disentuh
7. Vokasi
8. Mata Hati
9. The Registering Eye

2.4. Struktur Ide Philosophy of Caring (Alligood, M. R., & Tomey, A. M, 2010).
1. Perawatan
Perawatan adalah suatu bentuk yang bukan hanya sekadar nilai dasar keperawatan, tetapi juga merupakan nilai dasar hidup kita. Perawatan ialah perkembangan positif individu ke arah yang lebih baik. Perawatan berbentuk trinitas, terdiri dari hubungan, praktik, dan moral yang terjadi secara simultan. Perawatan mempunyai arah untuk menuju situasi orang lain. Dalam konteks profesional, perawatan memerlukan pendidikan dan latihan. Tanpa pengetahuan profesional, hubungan dengan pasien akan berubah menjadi sentimentil. Tanpa perwalian, tidak ada kelalaian, dan tidak sentimentil merupakan ekspresi dari perawatan.
2. Penilaian Profesional
Penilaian profesional menunjukkan kualitas suatu hubungan yang sebenarnya. Hal ini bisa dicapai melalui latihan menilai secara profesional baik dalam praktik maupun kehidupan sehari-hari berdasarkan observasi klinis kita. Penilaian profesional tidak hanya dilatih dengan melihat, mendengar dan menyentuh secara klinis, tetapi juga perlu dilatih bagaimana melihat, mendengar, dan menyentuh secara klinis dengan cara yang baik dan benar.
Pasien memberikan kesan yang berbeda-beda pada kita (perawat) karena persepsi seseorang memiliki analog dengan variasi karakter yang ditimbulkannya dan bergantung pada situasi tertentu. Satu hal yang perlu diingat dan direnungkan adalah adanya hubungan antara kesan dengan situasi, pengetahuan profesional yang dimiliki, dan pengalaman sebelumnya. Kebijaksanaan menunjukkan pengetahuan profesional melalui kepekaan alami dan bahasa sehari-hari.
3. Praktik Moral Ditemukan Dalam Perawatan
Praktik moral dapat terjadi bila empati dan refleksi ditampilkan secara bersama-sama saat bekerja sehingga caring dapat diekspresikan dalam tindakan keperawatan. Moral itu ada dalam situasi nyata yang harus diperhitungkan. Tindakan kita perlu dipertanggungjawabkan, yang didasarkan pada empati dan refleksi.
4. Person Oriented Professional
Person Oriented Professional mempunyai makna bahwa perawat sebagai tenaga profesional memandang pasien sebagai orang yang menderita dan harus dilindungi integritasnya. Hal ini memberikan tantangan bagi profesional untuk meningkatkan kompetensi dirinya dalam menjalin hubungan yang saling menguntungkan dan bersifat manusiawi dengan tujuan untuk melindungi dan merawat pasien. Selain itu, profesionalisme berbasis individu juga berbicara tentang pemahaman terhadap posisi  masing-masing pihak dimana pihak satu membutuhkan pihak lainnya, dan menempatkan pasien sebagai fokus dari caring.
5. Ungkapan Hidup Tertinggi
Ungkapan hidup tertinggi adalah keterbukaan, kemurahan hati, kepercayaan, harapan, dan cinta. Hal ini merupakan fenomena yang dapat kita terima seperti kita menerima waktu, ruang, udara, air, dan makanan. Tanpanya hidup menjadi kacau, dan caring tidak dapat dilaksanakan (Hem, M. H., & Pettersen, T, 2011).
6. Area Yang Tak Dapat Disentuh
Ungkapan ini menunjukkan bahwa ada area-area yang tidak boleh kita masuk ke dalamnya, menemui orang lain ataupun menemui alam lain. Terdapat batasan yang harus kita hormati. Dalam caring, area yang tidak tersentuh adalah kesatuan, yang merupakan lawan dari keterbukaan. Keterbukaan dan area yang tak tersentuh merupakan suatu hal yang kontradiktif dalam caring.
7. Vokasi
Vokasi adalah suatu kebutuhan hidup yang membuat manusia merasa sempurna dalam berhubungan dan merawat (peduli) terhadap orang lain.
8. Mata Hati
Hati bicara tentang eksistensi individu, derita orang lain dan situasi yang ada didalamnya. Mata hati berhubungan dengan perhatian yang didasarkan pada hubungan resiprokal yang saling memahami .
9. The Registering Eye
The Registering Eye adalah objektifitas dan perspektif dari pengamat. Hal itu berkaitan dengan mencari koneksi, sistematisasi, peringkat, klasifikasi, dan menempatkan dalam sistem. The registering eye merupakan aliansi antara ilmu pengetahuan alam modern, teknologi, dan industrialisasi. Jika seorang pasien dan seorang profesional menggunakan tatapan ini secara sepihak, kasih sayang akan keluar dari situasi tersebut, dan kemauan untuk hidup berkurang (Martinsen, E. H, 2011).

2.5 Tentative (Junaidi, 2011)
Teori filosofikal, ilmiah dasar dan aplikasi praktis yang dikembangkan oleh Kari Marie Martinsen berfokus pada telaah di sisi moral keperawatan, dan etika keperawatan serta caring,  yang mengadopsi pada tiga filsuf secara khusus, antara lain: filsuf jerman, politisi dan sosialis, Karl Marx (1818-1883); filsuf jerman dan pendiri fenomenologi, Edmund Husserl (1859-1938); serta filsuf Perancis dan fenomenolog tubuh, Merleau-Ponty (1908-1961 ).

Martinsen juga memperluas sumber-sumber teoritisnya dengan memasukkan filsuf lain, teolog, dan sosiolog, antara lain: Martin Heidegger (1889 – 1976), seorang fenomenologis Jerman dan murid dari Husserl; Knud Eiler Logstrup (1905 – 1981), seorang filosofis Denmark dan teologis; Max Weber (1864 – 1920), seorang sosiologis Jerman dan memiliki signifikansi yang besar dalam filsafat ilmu sosial; Michel Foucault, seorang filosofis; Paul Ricoeur (1913 – sekarang), seorang filosofis Perancis.


5.1. Kesimpulan
1.    Karie Marie Martinsen adalah seorang perawat dan filosofer, mengungkapkan teori keperawatan philosophical caring dengan asumsi dasar bahwa caring termasuk dalam praktik keperawatan dimana perawat memberikan asuhan keperawatan, merawat dan peduli pada orang lain. Hal yang harus diperhatikan ketika melakukan caring kepada pasien yaitu: caring berkaitan dengan hubungan, praktik, dan moral.
2.    Menurut Martinsen (1975), manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungan sosial dan komunitasnya keduanya mempengaruhi kesehatan dimana sehat adalah refleksi dari kondisi organisme, selain itu juga merupakan ekspresi tingkat kompetensi dalam pengobatan.
3.    Manusia selalu berada dalam situasi yang berbeda dari satu tempat ke tempat yang lain dan dalam ruang yang satu ke ruang yang lain (berada dalam tempat dan ruang khusus).
4.    Konsep dasar dari teori yang diungkapkan filosofer Kari Marie Martinsen yaitu: perawatan, penilaian profesional, praktik moral ditemukan dalam perawatan, person oriented professional, ungkapan hidup tertinggi, area yang tidak dapat disentuh, vokasi, mata hati, the registering eye.

5.2 Saran
1. Setelah mempelajari tentang teori filosofikal keperawatan, sebaiknya mahasiswa program magister keperawatan benar-benar bisa memahami tentang konsep caring dan dapat menerapkannya dalam praktik keperawatan sehari-hari pada pasien.
2. Seorang perawat sebagai tenaga professional di pelayanan kesehatan sebaiknya mengetahui tentang konsep caring dan mengaplikasikannya dalam tugas sehari-hari sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan.







DAFTAR PUSTAKA



Alligood, M. R., & Tomey, A. M. (2010). Nursing Theorist and Their Work (7 ed.). United State of Amerika: Mosby Elsevier.

Hem, M. H., & Pettersen, T. (2011). Mature care and nursing in psychiatry: Notions regarding reciprocity in asymmetric professional relationships. Health Care Analysis : HCA, 19(1), 65-76. doi:http://dx.doi.org/10.1007/s10728-011-0167-y

Keliat, B. A., Wiyono, A. P., & Susanti, H. (2011). Manajemen Kasus Gangguan Jiwa (CMHN: intermediet course). Jakarta: EGC.

Martinsen, E. H. (2011). Care for nurses only? medicine and the perceiving eye. Health Care Analysis : HCA, 19(1), 15-27. doi:http://dx.doi.org/10.1007/s10728-010-0161-9

Junaidi (2011) Teori Filosofikal Keperawatan Kari Martinsen. Retrieved from http:// no.jun.org /wiki/ Kari Martinsen , 14 November ,2013.



0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes