Thursday, October 27, 2016

'Dua Variabel' dalam Skripsi Keperawatan



Skripsi atau penelitian dalam Keperawatan biasanya memakai konsep Bivariat atau membandingkan dua variabel. Walaupun ada juga yang hanya mneggunakan konsep Univariat atau satu variabel saja yang biasanya bersifat Deskriptif. Namun untuk sebagian besar penelitian keperawatan menggunakan penelitian Bivariat karena data yang didapatkan lebih Objektif dan lebih terstruktur.

Dan karena tentunya Skripsi menentukan masa depan mahasiswa, maka dengan itu kami mencoba membantu anda memahami trik-tips membuat Skripsi yang tidak mudah untuk ditolak.

Yang pertama adalah anda harus memahami 'Dua Variabel' dalam penelitian Keperawatan.

Apa itu Variabel Penelitian?. Makna utama variabel penelitian adalah OBJEK YANG KITA TELITI. Sehingga penelitian dengan 2 Variabel artinya penelitian terhadap 2 OBJEK




Apa Maknanya?

Makanya adalah anda harus mengetahui, memahami, mempelajari dan hafal akan KONSEP 2 VARIABEL yang akan anda teliti tersebut sebelum anda bertemu dengan Dosen anda untuk konsultasi.

Misalnya anda akan meneliti tentang pengaruh Terapi Musik terhadap tingkat Insomnia lansia. Maka ada 2 Objek Penelitian disini yaitu Terapi Musik dan tingkat Insomnia. Lansia adalah populasi yang akan anda teliti, Maka tentunya sebelum anda menghadap Dosen pembimbing, mutlak untukmu mengetahui 2 Konsep ini. Apa itu terapi musik? Apa manfaatnya? Bagaimana cara kerjanya? Berapa lama terapi musik diberikan?. Begitu pula dengan konsep Insomnia anda harus memahaminya. Apa itu Insomnia, mengapa terjadi Insomnia, bagaimana mengatasinya? dan lain-lain.

Temukan 2 Variabel dalam judul penelitian anda dan Pastikan anda memahami kedua konsep ini terlebih dahulu sebelum anda membuat bab/1 dan berkonsultasi ke dosen anda. 

Bila anda kurang jelas, silahkan bertanya pada kolom komentar dibawah.

Terimakasih selamat mengerjakan SKRIPSI

1 comments:

alulu25 said...

hallo
jadi begini saya punya judul untuk mini monografi saya dan judulnya adalah faktor yang menyebabkan penyakit hernia inguinalis dan pertanyaan saya adalah apaka judul saya masuk dalam 2 variabel atau tidak? terima kasih.

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes