Sunday, October 2, 2016

Bagaimana membuat Skripsi Keperawatan



Hal ini mungkin dialami oleh sebagian besar mahasiswa keperawatan tingkat akhir, Walaupun mungkin mereka telah mencoba membuat proposal penelitian sebagai tugas. Tetapi ketika sudah saatnya membuat Skripsi yang asli, kebingungan melanda. Lalu bagaimana caranya agar kita punya gambaran akan seperti apa Skripsi yang kita buat.

Berikut beberapa Tips-nya



1. Kelompokkan Keilmuan dalam Keperawatan

  • Ilmu Keperawatan Dasar
  • Ilmu Keperawatan Komunitas
  • Ilmu Keperawatan Jiwa 
  • Ilmu Keperawatan Maternitas
  • Ilmu Keperawatan Managemen
  • Ilmu Keperawatan Gawat darurat
  • Ilmu Keperawatan Anak
  • Ilmu Keperawatan Medikal Bedah
Setelah itu pilih 2 sampai 3 Kelompok kelilmuan yang anda kuasai, karena hal ini akan mempermudah anda untuk mengerjakan bab-bab selanjutnya. Karena skripsi memerlukan pengetahuan yang mendalam, maka anda harus bisa menjelaskan apa yang anda tulis. Oleh karena itu, pilihlah kelompok Keilmuan yang anda pahami atau sukai. 

Memang saat memilih ini adalah saat yang cukup memakan waktu juga, setidaknya tidak cukup satu hari merenungkannya, namun akan cukup membantu anda bila judul skripsimu ditolak Dosen. Lebih baik lagi jika anda sudah mengetahui Dosen pembimbing anda, karena anda cukup memilih Departemen yang sesuai dengan Keilmuan Dosen anda.

Ok setelah anda merenungkan dan memilih Departemen yang anda ingin kerjakan, misalnya kita pilih Departemen Anak dan Komunitas, maka kita harus berfokus kepada kedua Departemen ini saja. Jangan pikirkan Departemen yang lain karena akan membuang waktu saja.


2. Cari Judul Skripsi Kakak kelas anda di Perpustakaan
Catat paling tidak 10 Judul Skripsi Kakak kelas anda yang ada di perpustakaan. Cari yang sesuai dengan depertemen yang telah anda pilih tadi. Hal ini akan memberikan anda gambaran tentang topik yang banyak diteliti dan tentunya anda tidak bisa mengambil judul yang sama persis.

Misalnya anda menemukan 10 Judul berikut :
  • Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Pembentukan Kepribadian Anak Usia Prasekolah
  • Pengaruh Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intellegence) terhadap Kecerdasan Majemuk (Multiple Intellegence) Anak Usia Prasekolah
  • Pengaruh Jenis Tayangan Televisi terhadap Pembentukan Kepribadian Anak Usia Prasekolah (4-5 tahun)
  • Pengaruh Peran Orang Tua dalam Mengajarkan Perawatan Kesehatan Gigi dan Mulut Sejak Dini terhadap Kesehatan Gigi Anak Usia Sekolah di SD
  • Hubungan antara Kebiasaan (pola pikir) terhadap Pola Makan dengan Status Gizi Anak Prasekolah
  • Pola Asuh orang tua tentang Pendidikan seks dini terhadap pembentukan pola kepribadian anak usia 6-12 tahun.
  • Hubungan antara sistem pembelajaran TK fullday dengan tingkat kejenuhan anak
  • Hubungan pendampingan orang tua terhadap minat belajar anak kelai 1 SD
  • Pengaruh komunikasi terapeutik terhadap tingkat kecemasan anak hospitalisasi
  • Hubungan tingkat pengetahuan dengan tingkat kecemasan pada anak fraktur
Setelah anda menemukan 10 judul tersbut, maka anda harus mencermati konsep-konsep yang ada dalam judul tersebut, Misalnya dalam judul 'Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Pembentukan Kepribadian Anak Usia Prasekolah', maka anda harus mengetahui konsep tentang Pola Asuh dan konsep Kepribadian.
Pilihlah 3-4 Judul yang menarik buat anda atau modifikasi dari 10 judul tersebut. Contoh modifikasi judul no 1 dan 2 menjadi 'Pengaruh Peran Orang Tua terhadap Pembentukan Kepribadian Anak Usia Prasekolah'. Perhatikan, pada judul pertama adalah pola asuh orang tua dan anda ganti dengan Peran orang tua (diambil dari judul 2).
Inilah fungsinya mengambil 10 judul yang satu Keilmuan. Anda dapat memodifikasi judul2 tersebut sehingga mudah buat anda menemukan judul skripsi anda sendiri. 

3. Konsultasikan dengan Dosen anda.
Hal ini tentunya akan lebih baik bila anda sudah memiliki dosen pembimbing, namun bila belum ada, anda dapat berkonsultasi dengan dosen yang sesuai keilmuannya (dalam hal ini Dosen anak), namun tentu dengan kesediaan beliau. 
Saat anda berkonsultasi, bawalah 3-4 judul yang telah anda pilih dan sampaikan konsepnya yang telah anda pelajari. Ya, anda sudah harus mengerti konsep yang ada dalam judul anda. Setiap Judul skripsi, akan ada 2 konsep yang berhubungan atau kita sebut dengan Variabel Penelitian. Pelajari terlebih dahulu sebelum bertemu Dosen anda. Jika tidak, maka dosen anda akan kurang percaya dengan anda sehingga walaupun judulnya sudah bagus dan layak lolos, tapi melihat anda yang gelagapan saat ditanya, maka ada kemungkinan dosen akan menolaknya. Karena itu, pelajarilah terlebih dahulu.

Dan, voilla, anda sudah mendapatkan judul yang dapat anda kerjakan. Bila anda benar-benar mempelajari konsep dari 3-4 judul yang anda bawa, maka kecil kemungkinan ke-empat judul tersebut akan ditolak seluruhnya.

Langkah Selanjutnya? tentunya membuat Bab 1 sampai bab 3 atau bab 4 pada beberapa institusi).

Terimakasih dan selamat mengerjakan. 

Pasti Bisa!!

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes