PENGARUH EDUCATIONAL
CARDS GAME TERHADAP TINGKAT
PENGETAHUAN DAN KESENANGAN BELAJAR PADA MAHASISWA STIKES KEPANJEN
1stHardiyanto
*1st Dosen Stikes Kepanjen,
Jl.Tunorojoyo 16, (0341) 397644 Kepanjen-Malang
hardiyanto.agustinus@gmail.com
ABSTRACT
Pendahuluan: Perguruan tinggi adalah institusi yang
mempersiapkan sumber daya manusia melalui proses pembelajaran. Pembelajaran
dengan cara yang tradisional seringkali kurang interaski antara guru dan murid
sehingga pembelajaran membosankan. Fungsi bermain adalah untuk memfasilitasi
pembelajaran, permainan yang baik dapat
menciptakan dan membuat sebuah konsep bahasan yang luas ke dalam bahasan yang
lebih kecil sehingga lebih mudah untuk diserap. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat
penggunaan educational cards game dalam
meningkatkan pengetahuan dan kesenangan belajar sistem musculoskeletal. Metode: Metode penelitian Quasy eksperimental. Sampel yang
digunakan sebanyak 50 orang secara simple
random sampling. Sampel dibagi kedalam 2 kelompok percobaan, kelompok 1
menggunakan teknik pengajaran standart (SAP), Kelompok 2 menggunakan Educational cards game. Hasil: Terdapat pengaruh yang
signifikan (p<0,01) antara pembelajaran menggunakan SAP/Modul dan Kartu
pendidikan pada tingkat pengetahuan responden sebelum dan sesudah perlakuan.
Responded menyatakan lebih senang dengan pembelajaran yang mengikutkan
permainan kartu. Pembahasan: Kesenangan
dalam pembelajaran tidak datang dengan sendirinya, tapi dipengaruhi oleh
berbagai hal seperti media pembelajaran. Kesenangan dapat membantu siswa untuk
menerima informasi dengan lebih baik. Proses pembelajaran akan mudah diterima dan dipahami
bila situasi hati kita senang. Sehingga
belajar bukan lagi aktivitas yang harus disuruh terlebih dahulu, tetapi timbul
kesadaran dari dirinya sendiri.
0 comments:
Post a Comment