Sunday, December 4, 2016

Penerapan Midle Range Theory Phil Barker: The Tidal Model of Mental Health Nursing



TINJAUAN TEORI


2.1         Latar Belakang Teori
Phil Barker lahir di Skotlandia dan  daerah pantai, dan mulai berpengaruh dan tertarik dengan air, kiasan hidup yang terakhir. Ia berhutang kepada ayah dan kakeknya dengan “Memelihara dan disiplin”yang menolong dirinya untuk menghargai bahwa“" hidup adalah suatu jawaban yang menantikan pertanyaan yang benar”. Ia seperti mereka  menjadi filosofer ( Barker,1999b).Hidup pada konteks ini juga mendukung kecurigaan dan filosofinya setiap hari dengan berespon melalui model Pasang surut (Alligood, 2010).
Barker mengikuti pelatihan pelukis dan menjadi ahli pahat  pertengahan tahun 1960 dan menang serta mendapatkan Pernod Award untuk pelukis muda tahun 1974, yang mana waktu itu ia sudah siap menjadi perawat Jiwa. Ia terus melukis catatan metaphor. Barker masuk sekolah seni dengan memperkenalkan dirinya “ Belajar dari kenyataan “, pengalaman yang nyata, dengan focus pada temuan filosofinya. Daya tariknya dengan filosofi timur, yang mulai  pada sekolah seni, meluncurkan  teori Pasang Surut dengan gema yang kacau balau, ketidaktentuan, perubahan, dan gagan cina pada saat krisis. Awal keterlibatan pada seni juga membantu untuk menjelaskan pandangan Barker’s tentang keperawatan yaitu “ Keahlian dalam CARING” ( Barker, 2000)

Setelah sekolah seni, Barker bekerja sebagai pelukis komersial dan pelukis lukisan dinding, ia menyumbang pendapatannya dengan bekerja pada pabrik dan perusahaan kereta api. “Pengalaman Samudra”gelombang  pada era baru pada tahun 1970 ketika ia berada pada posisi penjaga peristirahatan local”. Daya Tariknya dengan dimensi manusia, pengalaman hidup, dan riwayat orang-orang yang mengalami perubahan mental yang distress membisikan dirinya  untuk mentranfer ketertarikannya pada seni dan kemanusiaan dalam keperawatan (Alligood, 2010).
Pada awalnya Barker”s maju melalui keperawatan, walaupun tidak biasa, dengan waktu dan terapi konteksnya.Keperawatan dan dirinya mulai menyatu ketika ia mulai belajar dan praktek macam-macam            
Psikoterapi seperti  terapi perilaku kognitif dan terapi grup keluarga. Penelitian Doktoral Barker tentang terapi   perilaku kognitif dengan kerja  dengan grup wanita   yang mengalami depresi.
Bagaimanapun, Barker menjadi tidak nyaman  dengan aplikasi dari terapi untuk orang yang mengalami masalah dalam hidup dan “Azaz ketidapastian “ yang ditekankan lagi pada dirinya. Kecurigaannya tentang hidup dan pertanyaan provokasi pribadi tentang pekerjaan, kegembiraan dan integritas mereka. Ia belajar dari mereka apa arti pengalaman distress (Alligood, 2010).

 


2.2         Konsep mayor dan definisi
a)     Tidal  model adalah pendekatan  filosofis pada  penemuan kesehatan mental ini menekankan membantu orang kembali kisah pribadi tekanan mental, dengan memulihkan suara mereka.. Dengan menggunakan bahasa mereka sendiri, metafora dan cerita pribadi orang mulai untuk mengekspresikan sesuatu dari makna hidup mereka Ini adalah langkah pertama menuju membantu kembali kontrol atas kehidupan mereka ".. – Barker.
Tidal model adalah sebuah model pemulihan untuk promosi kesehatan mental yang dikembangkan oleh Profesor Phil Barker, Poppy Buchanan-Barker dan rekan-rekan mereka. Tidal model berfokus pada proses perubahan yang ada pada semua orang. Model ini berusaha untuk mengungkapkan arti dari pengalaman seseorang, menekankan pentingnya suara mereka sendiri dan kebijaksanaan melalui kekuatan metafora. Ini bertujuan untuk memberdayakan seseorang untuk memimpin pemulihannya sendiri bukannya diarahkan oleh para profesional.
Filosofi yang mendasari model ini awalnya terinspirasi oleh penelitian selama lima tahun tentang apa yang dibutuhkan untuk perawatan kesehatan jiwa yang dilakukan oleh Prof. Dr. Chris Barker dan Stevenson di Universitas Newcastle , Inggris. Sejak tahun 2000, model ini telah dipraktekkan di Inggris dan luar negeri.
Karena karyanya di bidang ini, Phil Barker sering disebut sebagai teoris kontemporer yang menonjol dalam keperawatan kesehatan jiwa.

b)     Sumber Teoritis Phill barker
Model pasang surut menarik metafora filosofis inti dari teori chaos, seperti yang tak terduga - namun dibatasi - sifat perilaku manusia dan pengalaman dibandingkan dengan aliran dinamis dan kekuatan air dan gelombang pasang laut. (Barker P, 2001)
Tidal model diaplikasikan melalui enam kunci asumsi filosofis yaitu:
a.      keyakinan tentang keingintahuan dalam arti positif
b.      pengakuan atas kekuatan sumberdaya, daripada berfokus pada masalah, kekurangan atau kelemahan
c.      menghormati keinginan seseorang, bukannya paternalistik
d.      penerimaan paradoks krisis sebagai peluang
e.      mengakui bahwa semua tujuan berfokus pada seseorang
f.       keutamaan mengejar elegan dengan cara sederhana yang mungkin harus dicari

c)     Proses keterlibatan (engagement process)
Agar praktisi dapat memulai proses keterlibatan menggunakan Tidal model, hal-hal yang perlu diperhatikan:
a.      bahwa pemulihan mungkin terjadi
b.      bahwa perubahan tidak bisa dihindari, tidak ada yang tetap
c.      bahwa pada akhirnya, orang tahu apa yang terbaik untuk mereka
d.      bahwa orang memiliki semua sumber daya yang mereka butuhkan untuk memulai   
e.      perjalanan pemulihan
f.       bahwa orang tersebut adalah guru dan tenaga penolong/praktisi adalah muridnya
g.      bahwa tenaga penolong/praktisi harus kreatif dan mempunyai rasa ingin tahu dalam mempelajari apa yang perlu dilakukan untuk membantu seseorang
Proses keterlibatan dengan orang yang dalam masalah dan kesusahan terjadi dalam tiga domain atau dimensi. Dengan Tidal model, praktisi mengeksplorasi dimensi-dimensi tersebut untuk sadar akan situasi di saat ini dan menentukan apa yang harusnya terjadi sekarang.
a.     Domain diri (self domain) adalah di mana orang merasakan pengalaman mereka. Ada penekanan untuk membuat orang merasa lebih aman dan praktisi membantu mengembangkan “rencana keamanan” atau security plan untuk mengurangi ancaman terhadapnya atau orang lain di sekitarnya.
b.     Domain dunia (world domain) di mana orang berpegang pada kisah mereka. Praktisi Tidal model menggunakan cara khusus untuk mengeksplorasi cerita ini bersama-sama, mengungkapkan makna yang tersembunyi, menggali sumber daya yang ada, dan untuk mengidentifikasi apa yang perlu dilakukan untuk membantu pemulihan.
c.      Domain lainnya (others domain) menggambarkan berbagai hubungan yang dimiliki seseorang di masa lalu, masa sekarang dan masa depan, tidak hanya praktisi Tidal model tetapi juga anggota lain dari tim perawatan kesehatan dan sosial, teman, keluarga dan pendukung lainnya.

d)     Kekuatan metafora
Tidal model menggunakan metafora atau filosofi air dan menjelaskan bagaimana orang-orang dalam kesusahanatau distress bisa menjadi rapuh secara emosional , fisik dan spiritual. Filosofi ini memandang pengalaman sehat dan sakit seperti zat cair, bukan sebuah fenomena yang stabil, dan kehidupan sebagai sebuah perjalanan yang dilakukan di lautan pengalaman. Filosofi ini menyatakan bahwa kesehatan jiwa, faktor yang terkait dengan krisis kejiwaan, bisa beragam serta kumulatif. Dengan berprinsip pada filosofi ini, perawat atau tenaga penolong lainnya akan mendapatkan pemahaman yang lebih tentang situasi yang saat itu sedang dihadapi seseorang dan perlunya suatu perubahan. Dengan ini, praktisi atau tenaga penolong, seiring berjalannya waktu, akan dibimbing untuk merawat atau mengasuh seseorang mulai dari awal perjalanan mereka hingga terdampar, tenggelam atau sebaliknya dicampakkan oleh permasalahan hidup mereka. Eksplorasi kemudian dapat dilakukan untuk mengetahui apa yang sebenarnya menyebabkan badai dan apa yang perlu dilakukan segera untuk dapat berlayar lagi.
Nilai Tidal model dapat diringkas menjadi sepuluh komitmen yang perlu diperhatikan:
1.      Value the voice (menghargai suara)
Mendengarkan cerita seseorang adalah yang hal yang terpenting.
2.      Respect the language (hormati bahasa)
Memungkinkan orang untuk mengekspresikan, menggambarkan, dan mendeskripsikan pengalaman hidup mereka menggunakan cara dan bahasa mereka sendiri.
3.      Develop genuine curiosity (mengembangkan rasa ingin tahu)
Menunjukkan ketertarikan dan rasa ingin tahu tentang cerita orang tersebut.
4.      Become the apprentice (menjadi apprentice)
Menempatkan diri dalam cerita tersebut dan belajar serta mengambil hikmah dari cerita orang yang anda bantu (klien).
5.      Reveal personal wisdom (mengungkapkan kebijaksanaan)
Pada dasarnya setiap orang memiliki sikap bijaksana dalam menghadapi setiap pengalaman hidupnya. Praktisi atau tenaga penolong mempunyai tugas untuk membantunya mengungkapkan kebijaksanaan tersebut yang akan membantu dalam proses pemulihannya.
6.      Be transparent (jadilah transparan atau terbuka)
Baik klien maupun praktisi atau tenaga penolong profesional berada dalam posisi istimewa dan harus menjadi model yang percaya diri, dengan cara setiap saat menjadi transparan atau terbuka dan membantu untuk memastikan klien tersebut memahami apa yang sebenarnya sedang dilakukannya.
7.      Use the available toolkit (gunakan sumberdaya yang ada)
Cerita seseorang berisi informasi yang berharga untuk mengetahui sumberdaya mana yang dapat digunakan untuk membantu proses pemulihan dan mana yang tidak dapat digunakan.
8.      Craft the step beyond (menentukan langkah)
Praktisi atau tenaga penolong bersama-sama dengan klien membangun sebuah apresiasi dan menentukan langkah apa yang harus dilakukan "sekarang" karena langkah awal merupakan langkah yang penting.
9.      Give the gift of time (berikan waktu)
Tidak ada yang lebih berharga daripada waktu yang dihabiskan praktisi dan klien bersama-sama. Pertanyaan yang harus ditanyakan bukan “Berapa banyak waktu yang masih kita punya?” melainkan "Bagaimana kita menggunakan waktu yang ada saat ini?".
10.   Know that change is constant (ketahuilah bahwa perubahan adalah konstan)




Dua Puluh Kompetensi yang disampaikan Phil Barker:
1.    Kompetensi 1 : Praktisi menunjukkan kapasitas untuk mendengarkan secara aktif cerita orang
2.    Kompetensi 2 : Praktisi menunjukkan komitmen untuk membantu orang  dengan mengetahui permasalahannya karena sebagai bagian yang tak terpisahkan dari proses perawatan .
3.    Kompetensi 3 : Praktisi membantu orang mengekspresikan perasaan pasien.
4.    Kompetensi 4 : Praktisi membantu orang mengekspresikan dirinya / pemahamannya tentang pengalaman tertentu melalui penggunaan cerita pribadi , anekdot , perumpamaan atau metafora .
5.    Kompetensi 5 : Praktisi menunjukkan minat dalam cerita seseorang dengan meminta klarifikasi dari titik-titik tertentu , dan meminta contoh-contoh lebih lanjut atau rincian .
6.    Kompetensi 6 : Praktisi menunjukkan kesediaan untuk membantu orang
7.    Kompetensi 7 : Praktisi mengembangkan rencana perawatan berbasis permasalahan pasien.
8.    Kompetensi 8 : Praktisi membantu orang mengidentifikasi masalah spesifik hidup , dan apa yang mungkin perlu dilakukan untuk mengatasinya .
9.    Kompetensi 9 : Praktisi membantu orang mengembangkan kesadaran dari apa yang bekerja untuk atau terhadap mereka , dalam kaitannya dengan masalah-masalah khusus hidup .
10.  Kompetensi 10 : Praktisi menunjukkan minat dalam mengidentifikasi apa yang orang berpikir orang-orang tertentu yang dapat atau mungkin bisa lakukan untuk membantu mereka lebih lanjut dalam menangani masalah spesifik hidup .
11.  Kompetensi 11 : Praktisi membantu orang mengidentifikasi jenis perubahan akan merupakan langkah ke arah penyelesaian atau bergerak menjauh dari suatu masalah tertentu hidup .
12.  Kompetensi 12 : Praktisi membantu orang mengidentifikasi apa yang harus dilakukan  dalam waktu dekat.
13.  Kompetensi 13 : Praktisi membantu orang mengembangkan kesadaran mereka bahwa waktu khusus sedang diberikan untuk mengatasi kebutuhan spesifik mereka .
14.  Kompetensi 14 : Praktisi mengakui nilai waktu orang tersebut memberikan kepada proses penilaian dan perawatan pengiriman.
15.  Kompetensi 15 : Praktisi membantu orang mengidentifikasi dan mengembangkan kesadaran kekuatan dan kelemahan pribadi.
16.  Kompetensi 16 : Praktisi membantu orang mengembangkan keyakinan diri , karena itu mempromosikan kemampuan mereka untuk membantu diri mereka sendiri .
17.  Kompetensi 17 : Praktisi membantu orang mengembangkan kesadaran subtlest perubahan - dalam pikiran , perasaan atau tindakan .
18.  Kompetensi 18 : Praktisi membantu orang mengembangkan kesadaran tentang bagaimana mereka , orang lain atau peristiwa telah mempengaruhi perubahan ini .
19.  Kompetensi 19 : Praktisi bertujuan untuk memastikan bahwa orang tersebut sadar , setiap saat , tujuan dari semua proses perawatan .
20.  Kompetensi 20 : Praktisi memastikan bahwa orang tersebut dilengkapi dengan salinan dari semua dokumen penilaian dan perencanaan perawatan untuk referensi mereka sendiri .
        Hal ini merupakan pengalaman umum bagi semua orang.
Tidal model berawal dari empat poin penting, yaitu:
1.      Fokus terapeutik yang utama dalam kesehatan jiwa ialah dalam komunitas.
Manusia hidup di “lautan pengalaman” dan krisis kejiwaan hanyalah satu dari sekian banyak hal yang dapat “menenggalamkan” mereka. Tujuan keperawatan atau asuhan kesehatan jiwa ialah untuk mengembalikan mereka ke “lautan pengalaman” tersebut sehingga mereka dapat melanjutkan perjalanan hidup mereka.
2.      Perubahan merupakan proses yang terus berjalan dan konstan
Manusia akan terus berubah, namun kadang mereka tidak menyadarinya. Salah satu tujuan utama intervensi yang dilakukan ialah untuk membantu klien membangun kesadaran bahwa sekecil apapun perubahan itu akan membawa dampak yang besar bagi hidupnya.
3.      Kekuatan terletak pada proses asuhan
Perawat membantu klien untuk mengidentifikasi bagaimana ia dapat lebih berperan ddalam hidupnya dan mengontrol hidupnya serta pengalaman yang didapatnya.
4.      Perawat dan klien adalah satu, tidak dapat dipisahkan seperti penari dalam sebuah tarian.



2.3         Penjelasan Skema atau Bagan atau Model Konsep
 
 


Gambar 2.1 tiga dimensi personhood. (Barker, PJ. 2000. The tidal model theory and practice. Pp. 29-31. Newcastle, UK: University of Newcastle.)

Orang yang hidup dengan melewati pengalaman di dunianya dapat dijelaskan menjadi tiga dimensi: dunia, self (diri sendiri), dan orang lain. Dimensi dunia memfokuskan kepada kebutuhan manusia untuk dimengerti dan divalidasi persepsi mereka. Pengkajian keperawatan yang holistik terdokumentasi dalam suara yang dimiliki manusia. Pengkajian ini memfokuskan pada dunia pengalaman manusia dan memberikan kesempatan untuk belajar tentang masalah yang dihadapi manusia saat ini, skala dan evaluasi dari masalah tersebut, sumber daya apa pada kehidupan manusia yang mungkin dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah tersebut atau memenuhi kebutuhan, dan kebutuhan apa yang diperlukan untuk membawa  suatu perubahan (Barker, 2000).
Dimensi self (diri sendiri) menunjukkan kebutuhan manusia akan keamanan fisik dan emosional. Kolaborasi untuk pengkajian keamanan mampu memenuhi kebutuhan tersebut dan menghasilkan rencana keamanan, yang mengidentifikasi dan mendukung kebutuhan keamanan personal dan menurunkan risiko mencelakai diri sendiri dan orang lain, area bunuh diri, kekerasan, melukai diri sendiri dan mengabaikan diri sendiri merupakan target yang spesisifk.
Jenis dukungan dan pelayanan yang orang butuhkan agar dapat hidup normal dibagi menjadi tiga dimensi. Tim kerja interdisiplin pada dimensi ini merupakan intervensi medis, sosial, dan psikologi yang spesifik, sebagai sesuatu yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari seperti: keuangan, perumahan, dan determinan kesehatan yang lain. Keluarga, teman, dan hal lain yang signifikan juga ditemukan pada dimensi ini.





Gambar 2.2 Struktur perawatan (Barker, PJ. 2000. The tidal model theory and practice. Pp. 27. Newcastle, UK: University of Newcastle.)

Dalam pengkajian holistik, riwayat seseorang adalah pada pusat rencana tindakan dan adalah ditampilkan seperti sebuah pusat. siklus pengkajian keamanan dan rencana mengelilingi pusat, semuanya dikelilingi oleh siklus tim interdisiplin (gambar 2.2).



2.4         Asumsi Mayor (Terkait Paradigma Keperawatan)
Perawat terlibat dalam proses bekerja dengan orang, lingkungan, dan status kesehatan, serta kebutuhan mereka. Teori  pasang surut pada asumsinya  bahwa ada semacam "hal-hal" sebagai kebutuhan kejiwaan dan keperawatan membutuhkan beberapa cara untuk  memenuhi kebutuhan mereka.  orang yang berada di sekitar mereka memiliki  solusi untuk masalah keperawatan hidup mereka.
Dua asumsi dasar yang mendasari model pasang surut. Pertama, perubahan adalah satu-satunya ketetapan. Semua pengalaman manusia melibatkan orang yang terus berubah.  Kedua, orang yang membicarakan mereka. Kisah Orang selalu dihiasi dengan  cerita tentang bagaimana orang ini datang dan berada di sini mengalami "masalah hidup" mencari solusi. 
Model pasang surut mengasumsikan bahwa ketika orang terjebak dalam badai psikis "kegilaan" itu adalah "seolah-olah" mereka berisiko tenggelam dalam kesulitan atau tenggelam di kekerasan, itu adalah "seolah-olah" mereka telah ditumpangi oleh bajak laut dan telah dirampok, itu adalah "seolah-olah" mereka telah terdampar di pantai pada beberapa pantai terpencil, jauh dari rumah dan terasing dari semua yang mereka tahu dan mengerti. 
a.              Keperawatan
Perawatan berubah terus menerus, secara internal dan dalam kaitannya dengan profesi lain, dalam respon terhadap perubahan kebutuhan dan perubahan struktur sosial.   Sifat hubungan Barker dengan pengguna jasa mengkonfirmasi apresiasi dari keperawatan sebagai sosial, bukan professional. Jika ada satu hal mendefinisikan keperawatan, global, itu adalah konstruksi sosial dari perawat "peran “. Keperawatan yang mengasuh, hanya ada bila kondisi yang diperlukan untuk promosi pertumbuhan atau pengembangan. Perawatan adalah kegiatan antarpribadi berupa abadi manusia melibatkan fokus pada promosi pertumbuhan dan perkembangan.
Keperawatan siap saat kondisi yang diperlukan untuk promosi pertumbuhan dan perkembangan.  Keperawatan adalah aktivitas manusia interpersonal dan berfokus pada promosi dari pertumbuhan dan perkembangan.
Keperawatan adalah orang yang memberikan pelayanan kepada orang lain yang membutuhkan. Di sana terdapat kekuatan yang dinamis pada keahlian dari keperawatan. Seseorang mempunyai tugas untuk merawat orang lain. Praktek keperawatan berfokus pada identifikasi  kebutuhan pasien saat ini, melakukan kolaborasi dan mengembangan system pada human care. Focus yang tepat dari keperawatan adalah  kebutuhan akan perasaan oleh orang yang dirawat,yang didefenisikan sebagai fungsi hubungan  antara orang dengan kebutuhan perawatan dan orang yang mencari kebutuhan itu. Respon ini adalah focus fenomena keperawatan, yakni respon baik actual maupun potensial terhadap masalah kesehatan dan adanya rentang silang antara manusia, lingkungan perilaku, emosi, kepercayaan,identitas, kemampuan dan spiritual. Eskplorasi keperawatan dari konteks menusia adalah CARING.
b.            Manusia
Dalam tidal teori perhatiannya adalah  fenomena secara langsung memandang bahwa manusia menceritrakan kehidupan dan riwayat hidupnya. Manusia adalah filosofi alami dan pembuat arti, membaktikan hidup mereka untuk menetapkan  makna dan nilai dari pengalaman mereka.Perawat harus bisa menghargai perspektif manusia.Manusia menceritrakan riwayat hidup, perasaan hidupnya.
Manusia merupakan orang yang mengalami status perubahan yang menetap dan terjadi secara terus menerus. Mereka hidup dalam dunianya dan mengalami 3 dimensi yaitu ; Dunia.Diri sendiri dan orang lain. Model pasang surut memegang sedikit asumsi tentang latihan hidup yang sesuai sepanjang hidup manusia. Manusia didefenisikan  dalam hubungan/relasi sebagai contoh dengan ayah,ibu, anak. Saudara dan juga dengan perawat.
c.              Kesehatan
Kesehatan adalah tugas personal yang sukses diselesaikan yang merupakan hasil dari kesadaran diri, disiplin diri, dan ditemukan dari masing-masing  orang yang bisa mengatur ritme hidup, diet dan sexual. Kesehatan merupakan sesuatu yang dikejar,diperoleh dan dirawat.Ini merupakan bagian dari kehidupan social, ekonomi,cultural dan spiritual. Pada pandangan yang holistic orang-orang menganggap bahwa kesehatan dan sakit adalah sesuatu yang bernilai.
Perawat melibatkan orang-orang untuk belajar menceritrakan riwayat hidupnya,memahami situasi yang terjadi termasuk kondisi sehat dan sakit yang dialami seseorang.
Sakit adalah orang yang mengalami masalah social, psikologi dan medikasi/obat-obatan.
Keperawatan pada model pasang surut berfokus pada sumber daya dan kemungkinan untuk mempertahankan orientasi kesehatan.
d.              Lingkungan
Lingkungan adalah social yang luas di alam, konteksnya dari perjalanan hidup seseorang dalam samudra pengalaman, perawat menciptakan tempat untuk bisa bertumbuh dan berkembang. Hubungan teraupetik digunakan sebagai jalan dalam membina relasi seseorang dengan lingkungannya. Masalah manusia mungkin berasal dari interaksi yang kompleks  antara seseorang dang lingkungan. Orang-orang yang tinggal di lingkungan social mempunyai interaksi dengan orang lain, kelompok dan organisasi, keluarga, kultur. Relasi adalah bagian integral dalam lingkungan. Dalam lingkungan terdapat tempat tinggal, pembiayaan, okupasi, stirahat, merasakan cinta.
Banyak perawat psikiater menata Ruangan rawat di rumah sakit seperti tempat tinggal dimana di ruangannya terdapat ruang makan, ruang dapur. Lingkungan yang disiapkan aman dan nyaman untuk ditempati. Kondisi ini membuat orang-orang yang mengalami gangguan mental merasa seperti tinggal di rumah mereka sendiri.

2.5       Penerimaan Oleh Keperawatan
a.         Praktik
            model tidal dikembangkan di lahan praktik antara tahun 1995 dan 1997 dan dikenalkan secara resmi di dua ruangan psikiatri di Newcastle, Inggris pada tahun 1998. Tidal model diadopsi oleh program kesehatan mental dan pada tahun 2000 diterapkan pada sembilan ruangan psikiatri.
            Hampir semua perkembangan tidal model dilakukan di Inggris, dengan proyek yang trebnetang mulai dari rumah sakit dan pelayanan komunitas, dari akut hingga tingkat rehabilitasi, pelayanan spesialis forensik dan keperawatan komunitas. Proyek ini juga bervariasi mulai dari pelayanan di oota metropolitan seperti London dan Birmingham hingga di pedesaan seperti Norfolk.
            Di rumah Sakit Royal Ottawa, Kanada, tiga program telah mengimplemetasikan tidal model pada tahun 2002. Pada februari 2004, tidal model telah  diperkenalkan di ruang geriatrik, psikiatri umum, rehabilitasi psikososial.
            Di Australia, model ini pertama kali diperkenalkan di Sydney tetapi sekarang fokus pengembangan teori ini terdapat di Queensland.
b.         Pendidikan
Barker menyediakan paket pendidikan multimedia bagi mereka yang menerapkan Tidal Model (Model pasang surut), dan semua situs menggunakan program ini untuk mempersiapkan untuk implementasi. Hal ini menjamin perspektif umum di antara dan kesetiaan kepada nilai-nilai, prinsip, dan proses Model Pasang Surut, namun memungkinkan kreatif, pelaksanaan yang relevan secara lokal. Perawat dalam komunitas Model pasang surut memiliki kesempatan untuk belajar tentang model sebelum, selama, dan setelah pelaksanaannya. Dalam gelombang pertama di Newcastle upon Tyne, lebih dari 150 perawat berpartisipasi dalam pelatihan formal, dan selama 2 tahun ke depan hampir 300 perawat berpartisipasi dalam program pendidikan multimedia.
Model pasang surut diintegrasikan ke diploma, sarjana, program pascasarjana keperawatan di University of York. Ian Beech, seorang perawat kesehatan mental dan dosen di universitas of Glamorgan, mengembangkan program pendidikan pertama bagi praktisi di Wales. Di University of Ottawa Kanada, Model pasang surut termasuk dalam kosep dan teori-teori sarjana saja, juga frame Kursus Perawatan Kesehatan Mental Masyarakat. Model pasang surut termasuk dalam kursus di Fakultas kesehatan mental masyarakat Mount Royal College di Calgary, Kanada. Holistik, berbasis kekuatan, narasi Model pasang surut memegang janji besar untuk dimasukkan dalam program pendidikanyang berkaitan dengan praktik berbasis penelitian dan perawatan orang terpusat.
c.         Penelitian
            Model pasang surut dikembangkan dari program penelitian klinis. Semua anggota jaringan internasional Tidal Model didorong untuk mengevaluasi model dalam praktek. Sebuah konsultan penelitian dan pengembangan didirikan sebagai jaringan longgar untuk pelaksanaan Model pasang surut dan proyek Pembangunan. Konsultasi ini menyediakan kerangka kerja untuk evaluasi Model pasang surut dalam tindakan dari prespektif hasil organisasi, pengalaman profesional, dan pengalaman pengguna konsumen. (Barker & Buchanan Barker, 2004c). Tugas penting dari evaluasi dan implementasi, proses, dan hasil dari model pasang surut dalam praktek sedang berlangsung di Kanada, Irlandia, Jepang, Selandia Baru, dan di seluruh Britania Raya.
Dua evaluasi studi (Fletcher & Stevenson, 2001; Stevenson & Fletcher, 2002) dieksplorasi ukuran hasil yang mungkin penting dalam mengevaluasi Model pasang surut dan mengevaluasi dampak dari penilaian dalam praktik (Stevenson & Fletcher, 2002). Hasil kedua studi menunjukkan peningkatan jumlah penerimaan dan penurunan panjang tetap. Ada penurunan kebutuhan untuk tingkat tertinggi observasi, yang berkorelasi dengan kecepatan penilaian dan penurunan insiden kekerasan, membahayakan diri, dan penggunaan pengekangan. Perawat, sendiri, melaporkan bahwa praktek Model pasang surut profesional ditingkatkan dan didorong keterlibatan penuh dengan orang-orang dalam perawatan. Ini berguna dalam membantu orang untuk memenuhi rencana perawatan dan perawat memungkinkan untuk fokus interaksi mereka pada orang-orang mengidentifikasi tujuan dan target untuk hari itu dan membawa mereka keluar, profil mereka dan penghargaan profesional (Stevenson & Fletcher, 2002). Studi ini memberikan dukungan bagi teori implementasi berpusat pada orang dalam praktek
Barker dan Walker (2000) mempelajari pandangan perawat senior yang kerja tim multidisiplin di 26 unit masuk akut kejiwaan dan hubungan untuk perawatan orang-orang dan keluarga mereka. Meskipun perawat menghadapi tantangan dalam melaksanakan "bekerja dalam kemitraan", penelitian ini memberikan beberapa arah untuk penyelidikan lebih lanjut di sekitar sifat interdisipliner teori.
Transisi bagi perawat untuk fokus solusi dalam interaksi adalah subyek penelitian oleh tim Newcastle (Stevenson, et al, 2003). Perawat berpartisipasi dalam inisiatif solusi yang dirancang khusus untuk pendidikan, dan dampak dinilai untuk kedua perawat dan orang-dalam-perawatan menggunakan beberapa sumber data. Studi ini memberikan bukti kuat dari peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan perawat solusi kinerja terfokus, dan digunakan dalam praktek. Orang dalam perawatan juga menemukan pendekatan membantu.
Royal Ottawa Tim Rumah Sakit Tidal direplikasi studi Newcastle pada tahun 2003, dengan hasil yang sama. Tim Tosnu menyelesaikan evaluasi pengguna terfokus pelaksanaan Model pasang surut. Di Birmingham, di bangsal Tolkien, evaluasi 4 bulan telah selesai. Evaluasi kerja sedang berlangsung di St Tydfil Rumah Sakit di Wales. Perawat Irlandia telah berada di garis depan pada evaluasi, menyajikan konferensi nasional pertama pada model pasang surut dalam praktek, di Dublin pada 2003, di mana perawat dari seluruh republik dulu hasil evaluasi mereka mengubah layanan dan kepuasan konsumen (Barker, 2004)
Di Selandia Baru, studi kualitatif fenomenologis hermeneutik mengikuti pelaksanaan model pasang surut di unit perawatan yang aman. Penelitian ini mengeksplorasi pengalaman hidup dari empat pasien rawat inap dan empat perawat. Lima tema yang mencerminkan makna yang dilekatkan untuk menyediakan dan menerima perawatan bergabung, hubungan, harapan, wajah manusia, meratakan, dan bekerja bersama-sama. Ini menunjukkan pengalaman positif dan hasil dengan pelaksanaan model pasang surut (Brian Phillips, komunikasi pribadi, 15 September 2003)
Model pasang surut diatur dalam basis penelitian yang memberikan kemungkinan pemanfaatan penelitian atau transfer pengetahuan lebih kontemporer. Perawat berlatih dalam model pasang surut secara aktif menggunakan penelitian dalam praktek, serta memberikan kontribusi terhadap perkembangan praktik keperawatan. Model pasang surut memiliki potensi untuk penelitian aksi partisipatif, mengungkap pengetahuan tertanam dalam praktek dan mengembangkan pengetahuan dan pemahaman baru.

2.6       Kelemahan Teori
            Teori praktis ini mengidentifikasi konsep terhadap pemahaman kebutuhan manusia dengan masalah kehidupan, apa dan bagaimana yang akan dilakukan perawat untuk memenuhi kebutuhannya. Model keperawatan Phil Barker ini kurang menekankan dan memfokuskan pada aspek psikologis dan mental pasien.






DAFTAR PUSTAKA


Alligood, M. R., & Tomey, A. M. (2010). Nursing Theorist and Their Work (7 ed.). United State of Amerika: Mosby Elsevier.

Buchanan, Barker P . (2008). Clarifying the Value Base of Recovery: The 10 Tidal Commitments. Journal of Psychiatric and Mental Health Nursing.

Barker, P.(2001).The tidal model: developing a person-centered approach to psychiatric and mental health nursing. Perspect Psychiatr Care. 

Barker ,P.(2000). The Tidal Model: Theory and Practice. University of Newcastle,

Keliat, B. A., Wiyono, A. P., & Susanti, H. (2011). Manajemen Kasus Gangguan Jiwa (CMHN: intermediet course). Jakarta: EGC.




0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes